Analisis Windows Server 2008

Assalamu’alaikum wr.wb

udah sekian lama nih kayaknya ga post, kali ini gue mau post soal apa aja sih perangkat lunak sama keras yang

di butuhin sama windows server 2008? yang namanya server pasti punya yang namanya klien dong ūüôā

nah kali ini gue mau coba pake kliennya pake windows 7.

Berikut analisisnya.. Selamat Membaca

Tujuan Pembelajaran  :

1.Dapat memahami tentang sejarah mengenai Sistem

Operasi Windows Server 2008.

2. Dapat mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Sistem

Operasi Windows Server 2008.

3. Dapat memahami tentang Identifikasi dan Spesifikasi

perangkat keras dan lunak Sistem Operasi Windows

Server 2008.

4. Dapat memahami tentang sejarah Sistem Operasi

Windows 7. (Sebagai Client)

5. Dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari

Sistem Operasi Windows 7.

6. Dapat memahami tentang Identifikasi dan Spesifikasi

Perangkat keras dan lunak Sistem Operasi Windows 7

Konsep Dasar

  1. Sejarah Singkat mengenai Windows Server 2008

Windows Server 2008¬†adalah nama¬†sistem operasi¬†untuk¬†server¬†dari perusahaan¬†Microsoft..¬†¬† Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut¬†Windows Server 2003. Pada tanggal¬†15 Mei¬†2007,¬†Bill Gates¬†mengatakan pada konferensi¬†WinHEC¬†bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari¬†Windows Server “Longhorn”.

Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003. Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu meringankan tekanan tersebut, dengan mengotomatisasikan tugas pengelolaan harian, memperketat pengamanan, meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem.

Adapun Edisi-Edisi dari Windows Server 2008 :

– Windows Server 2008 Web.

– Windows Server 2008 Standard.

– Windows Server 2008 Enterprise.

– Windows Server 2008 Data Center.

– Windows Server 2008 Standard Server Core.

– Windows Server 2008 Enterprise Server Core.

– Windows Server 2008 Data Center Server Core.

Kelebihan yang dimiliki Windows Server 2008

  • Windows Server 2008 dapat beroperasi tanpa tampilan grafis atau graphical user interface (GUI) dengan adanya teknologi powershell.
  • Pengguna dapat memilih fungsi-fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi lainnya jika membutuhkan sewaktu-waktu tanpa melakukan instalasi ulang.
  • Kemampuan virtualisasi bahkan embedded (menyatu) dengan Windows Server 2008.
  • Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidth yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yag terhubung ke jaringan.
  • Windows Server 2008 juga sanggup mengontrol keamanan jaringan dengan fitur Network Access Protection.
  • Server juga dapat mengatur setiap akses identitas ke jaringan agar aman dan praktis dengan adanya fitur read only domain controller.
  • Melalui powershell, administrator tetap dapat memantau komputer di jaringan dari jarak jauh.
  • Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi.
  • Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
  • Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5).
  • Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
  • Di Desain agar kompatibel dengan¬† Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
  • Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.

Adapun Kekurangannya, yaitu :

  • Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
  • Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum¬†dapat melakukan perubahan
  • Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
  • Dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.

Spesifikasi Hardware yang di butuhkan oleh Windows Server 2008

Screenshot_1

Daftar Aplikasi yang biasanya di butuhkan oleh Windows  Server 2008 diantaranya adalah :

  1. File Server

file server

File Server fungsinya sebagai media layanan transfer berbagai jenis file, baik audio maupun video dan dokumen, File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client.Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.

2. Server Database

database server

Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database. Dalam server database tersebut,bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak User. Biasanya database tersebut di kelompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut.Agar tidak terjadinya pencurian data.

web server

Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pc/client yang terhubung dalam jaringan (internet/intranet) dan memberikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web server menggunakan port 80.

Berikut Ini Jenis-Jenis Web Server:

  • Microsoft Windows server 2003 Internet Information Service (IIS)
  • Light HTTP
  • Jigsaw
  • Sun java system web server
  • Xitami web server
  • Apache Web server ‚Äď the HTTP web server
  • Apache Tomcat
  1. Mail Server

mail server

yaitu sebuah server yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim sebuah email. bisa di ibaratkan mail server itu seperti sebuah kantor pos. Mail Server dapat diartikan juga sebagai perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email yang saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui jaringan LAN/WAN yang memberikan tulang punggung (backbone) atau jalur komunikasi antara client dengan server. Aplikasi Mail Server di antaranya; CMailServer, Mail Server Zimbra.

 

  1. Printer Server

printer

Print server adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer, atau gadget lain (scanner, external hard drive, flash drive, memory card reader, USB webcam, dan USB speaker) dari komputer mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak sebagai server. Didesain untuk berbagi USB dengan seluruh jaringan (print LAN), di rumah maupun di kantor.

Cara kerja nya : Satu PC di jadikan sebagai Printer Server untuk semua Client dapat mengakses printer melalui satu PC tersebut dalam suatu jaringan. PC yang akan di jadikan Printer Server tersebut akan di install driver dari printer yang akan digunakan, kemudian PC tersebut kita sharing printer sehingga Client bisa mendapatkan hak untuk mengakses printer melalui server tersebut. Client akan mengatur IP dan menyesuai kan dengan IP Server sehingga Client bisa mengakses ke printer tersebut.

  6.. Wide Area Information Server (WAIS)

wais

adalah sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis sistem operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di Internet dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari dalam sebuah situs web individual.

  1. DHCP Server

Merupakan sebuah mesin yang fungsinya sebagai yang menjalankan layanan yang dapat memyewakan alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya, atau juga memiliki pengertian

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

8.Software Anti Virus

– AVG

– AVAST

– SMADAV

– AVIRA

9.Aplikasi Browser

– Mozilla Firefox

– Google Chrome

– Opera

– Internet Explorer

10.Terminal Server

Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akases ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.

  1. Sejarah Singkat Terbentuknya Windows 7

Windows 7 diliris pertama kali pada tanggal 22 Oktober 2009, dirilis 3 tahun setelah Windows Vista. Pada mulanya, versi Windows ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb yang direncanakan sebagai pengganti Windows XP dan Windows Server 2003, namus rilis sementara diberi kode Longhorn atau Windows vista yang di umumkan tahun 2003, menunda pengembangan Blackcomb

Pada pertengahan 2003, Longhorng menemukan kelemahan system operasi Windows dengan cepat, lalu Microsoft mengganti prioritas pengembangan. Blackcomb di ubah namanya di Wina pada awal 2006 dan menjadi Windows 7 di tahun 2007, dan Windows 7 ini rilisan terbaru dari Microsoft Windows.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan sejumlah besar fitur baru, Windows 7 ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah upgrade, lebih dipusatkan untuk menambah fitur Windows. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri dari 6 edisi, yaitu: Windows 7 Starter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 7 Enterprise.

  1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS 7

KELEBIHAN

  1. Proses Booting dan proses Shut Down lebih cepat.
  2. 2. Hemat Konsumsi daya
    Menghemat daya, sehingga windows 7, lebih stabil jika dibandingkan dengan windows Vista
  3. Terdapat  aplikasi Device Storage Fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.
    ‚Äʬ†¬†¬† Optimasi dalam prefetching
    Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD
    ‚Äʬ†¬†¬† System pencarian data yang lebih cepat
    ‚Äʬ†¬†¬† Anda bisa memilih Jaringan Wireless hanya dengan 1 klik dari system tray.
    ‚Äʬ†¬†¬† Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
    ‚Äʬ†¬†¬† Mempunyai Interface/ Tampilan serta aplikasi Lebih Menarik , diantaranya yaitu:
    1. Snap
    Aplikasi dapat di buka secara bersamaan dan bisa ditampilkan bersebelahan
  4. Home Group
    Untuk proses berbagi file dan peripheral dapat dilakukan dengan menghubungkan beberapa PC dengna System jaringan3. Windows Media Center
    Bisa merekam siaran TV, untuk nonton TV online4. Jump List
    Memberikan kemudahan pada pengguna karena hanya dengan klik pada pin dengan cepat mampu membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan5. Web Slices
    Merupakan fitur yang tersedia berfungsi untuk memotong bagian dari sebuah situs yang ditargetkan yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang lebih mudah dan cepat

    6. Windows Live Essentials
    Pengguna bisa mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video atau hal lainnya
    7.Parental Control

Terdapat kontrol yang berfungsi untuk membatasi hak akses pada anak-anak, seperti : pengaturan waktu dan lama             akses yang diperbolehkan untuk anak-anak

KEKURANGAN/KELEMAHAN

1. Terdapat beberapa program/ aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2. Pada Windows Player 12Terjadi Bug
3. Terdapat hardware yang langsung bisa dikenali di Vista, namun tidak bisa dikenali di Windows 7
4. Software yang mulanya bisa di paksa untuk di install di windows vista, tidak bisa dipaksa untuk di install di windows 7.

SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS DAN LUNAK UNTUK WINDOWS 7

Minimum spesifikasi hardware Windows 7

Pada dasarnya sistem spesifikasi windows 7 dan windows 8 hampir sama. Berikut adalah minimum spesifikasi untuk instal windows 7,

Processor: Kecepatan 1 Gigahertz (GHz)

Memori RAM: 1 Gigabyte (GB) (32-bit) dan 2 GB (64-bit)

Hard disk: 16 GB (32-bit) dan 20 GB (64-bit)

Graphics card (Display): Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver

Memori Graphics (Display): 256 MB
Rekomendasi untuk Windows 7
Processor: Kecepatan 2 Gigahertz (GHz) atau lebih tinggi

Memori RAM: 2 Gigabyte (GB) (32-bit) dan 4 GB (64-bit)

Hard disk: 30 GB (32-bit) dan 40 GB (64-bit)

Graphics card (Display): Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver

Memori Graphics (Display): 512 MB atau lebih besar

Catatan : jika spesifikasi PC atau laptop anda dibawah minimal, kemungkinan akan terjadinya hang, jika tidak performa sistem operasi yang di pakai menjadi sangat lambat saat dijalankan.

Aplikasi yang perlu di install diantaranya adalah :

– Adobe Reader

– Adobe Flash Player

– Microsoft Office

– Google Chrome

– Antivirus ( Avast,Smadav,dll. )

– Tuneup Utilities

– Winrar / Winzip

– Dll ( Sesuai Kebutuhan )

Kesimpulan :

Setelah melakukan penelitian ini mengenai Windows Server dan Windows 7 sebagai client, saya selaku siswa menjadi lebih mengetahui jauh lebih banyak mengenai kedua sistem operasi tersebut dan memahami berbagai sistem yang ada di dalamnya, dan juga menambah wawasan  tersendiri bagi saya.

Sekian dan Terima Kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s