Lab 2.4 : Konfigurasi VLAN dengan Cisco Packet Tracer

Assalamu’alaikum wr.wb.

kali ini saya akan bagi bagi ilmu nih tentang si VLAN… btw VLAN itu apasih ? dan bagaimana sih konfigurasinya ?

yuk langsung disimak aja.

Topologi.

Screenshot_49

Tabel IP Addressing.

Screenshot_15

Tujuan

1. Pembaca dapat memahami arti dari Vlan itu sendiri.

2. Pembaca dapat membuat jaringan vlan dengan mode Privillaged.

3. Pembaca dapat membuat jaringan vlan dengan mode Global Config.

Konsep Dasar.

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team .

Konfigurasi

pertama , kita konfigurasi dulu si Switch0 nya. Disini saya akan membuat nama Vlannya dulu di switch0 dengan Mode Privillaged, dengan perintah

“vlan database”

“vlan 200 name VLAN-MARKETING1”

“ex”

Screenshot_1

maksudnya command diatas adalah “vlan database” itu merupakan command yang digunakan untuk masuk ke mode pembuatan database vlan. “vlan 200 name VLAN-MARKETING1” merupakan nama vlan yang nantinya akan di gunakan dan di simpan di switch0 ini, gitu maksudnya.

Selanjutnya kita diminta untuk mengaktifkan port yang terhubung dari tiap pc ke switch0 yang ada di Topologi diatas,karna di topologinya ada 3 pc pastinya ada 3 kabel kan tuh.. nah saya ngasih port ke setiap pc buat terhubung ke switchnya itu dimulai dari port fa0/3 , fa0/4 dan fa0/5.. Berarti udah tau kan? nah selanjutnya kita allow deh ketiga port itu untuk masuk ke vlan 200 VLAN-MARKETING1 dengan perintah

“conf t”

“int ran fa0/3-5” ran merupakan singkatan dari range. berikut merupakan cara cepatnya

“switchport access vlan 200”

kemudian, untuk melihat verifikasi atau keterangan konfigurasi vlannya ketik perintah

“sh vlan br”

Screenshot_2

Screenshot_3

nah selanjutnya untuk mengetes koneksi yang ada di daerah VLAN-MARKETING1 kita isikan IP di PC0 dan PC1 nya. masuk ke menu IP Configuration dan masukan IP Address nya dan Subnetnya begitupun juga dengan PC2 okee seperti contoh gambar di bawah ini.

Screenshot_4

Screenshot_5

Selanjutnya ping deh di terminal yang ada di PC1 dan PC2 tapi pingnya nyilang yah? ngerti nyilang gak? wkwk maksudnya itu si PC1 ping alamat PC2 begitupun sebaliknya, itu yang namanya ping nyilang hihi, kalo reply berarti sukses deh buat jaringan VLAN nya di VLAN 200 VLAN-MARKETING1

Screenshot_6

Screenshot_7

yey bisaaa hihi..

Nah selanjutnya kita move ke switch1 nih rencananya saya mau buat jaringan VLAN dengan nama vlan 100 dengan nama VLAN-HUBIN tapi pake mode global config, gimana caranya? yuk langsung aja

masuk ke bagian CLI yang ada di switch1, kalo udah ketik perintah

“conf t”

“vlan 100”

“name VLAN-HRD”

“ex” 2x

Screenshot_8

nah itu yang dimaksud dengan mode global config, bedakan sama mode privillaged hehe..

selanjutnya sama kaya tadi kita allow access si port 3 PC yang di sambungin ke Switchnya dengan perintah

conf t”

“int ran fa0/3-5” 

“switchport access vlan 100”

“sh vlan brief”

Screenshot_10

nah kalo udah selesai dan sukses allow portnya selajutnya kita isikan ip si PC 3 dan 4 nya di menu IP Configuration, setelah itu test IP nya dengan mode Ping nyilang okeh, kalo sukses kayak gini nih..

Screenshot_11

Screenshot_12

Screenshot_13

Screenshot_14

yeay berhasil deh konfigurasi Vlan di  vlan 100 VLAN-hubin nya. gampang kan? semoga bermanfaat yah..

Kesimpulannya:

Vlan merupakan sebuah jaringan virtual dari jaringan LAN yang hanya bisa terkoneksi hanya di jaringan Vlan itu sendiri tidak dapat terkoneksi ke vlan lainnya. miaslnya jaringan vlan 200 VLAN-MARKETING1 dengan vlan 100 VLAN-HUBIN . semoga tutor ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s