LAB 3.1 : Konfigurasi Router On Stick di Cisco Packet Tracer

Apasih Router on Stick itu? apa kegunaannya? yuk disimak

ccnp-switch-inter-vlan-02

jika ingin melihat versi videonya berikut linknya hehe Konfigurasi Router on Stick di Packet TracerTopologi

Screenshot_14

Tabel IP Addressing

Screenshot_20

Tujuan

Pembaca dapat memahami apa itu router on stick.

Pembaca dapat membuat vlan di masing masing switch.

Pembaca dapat menghubungkan switch dan router dengan mode trunk.

Pembaca dapat menghubungkan device vlan di setiap switch dengan router.

Konsep Dasar

Router on stick adalah salah satu jenis konfigurasi router yang mana sebuah interface physical me-routing traffic antara beberapa VLAN pada network. Router interface dikonfigurasikan untuk beroperasi sebagai link trunk dan terhubung dengan sebuah port switch dalam mode trunk. Router menunjukan inter-VLAN routing dengan menerima traffic VLAN yang telah di konfigurasi mode trunk dari switch dan secara internal me-routing antar VLAN menggunakan sub-interface.

Konfigurasi

Nah pada konfigurasi router on stick ini kita setting aja perwakilan devicenya, perwakilan dari setiap vlan masing – masing. Kenapa begitu? terlalu kebanyakan kalo disetting semua devicenya wkwkw  makanya pake perwakilan aja, diantaranya

SERVER DHCP

Screenshot_18

PC 0

Screenshot_16

PC 3

Screenshot_17

Screenshot_15

Oke, udah paham kan apa maksudnya perwakilan itu? oke sekarang kita konfig deh. pertama konfig di switch 0 dulu yak

#SWITCH 0

Kita buat VLAN 1o di Switch 0 dengan mode acces, lalu masukan interface switch 0 yang terhubung ke Switch 1 dan ubah modenya dengan mode trunk.

int fa0/3

switchport mode access 

switchport access vlan 10

int range fa0/1-2

switchport mode trunk

Screenshot_2

#SWITCH 2

Kita buat vlan 30 di Switch 2 ini dan kita ubah mode interface nya dari mode access ke trunk yang menuju ke Switch 1.

int fa0/3

switchport mode access 

switchport access vlan 30

int range fa0/1-2

switchport mode trunk

Screenshot_5

#SWITCH 1

Kita buat vlan 20 di Switch 1, dan ubah modenya dari access ke mode trunk pada switch ini untuk mengallow port 0/1-4 dan 0/24 agar terhubung ke router, kemudian buat vlan 10 dan 30 agar bisa saling terhubung dari setiap pc berbeda vlan.

int fa0/5

switchport mode access 

switchport access vlan 20

int range fa0/1-4, fa0/24

switchport mode trunk

vlan 10

vlan 30

Screenshot_4

Oke udah di setting nih ketiga switchnya, sekarang kita setting routernya dengan pasang sub interface nya,biar bisa komunikasi inter vlan dan agar si routernya dapat membaca vlan yang sudah dibuat, dengan perintah

#ROUTER

int fa0/0

no shut

VLAN 10

int fa0/0.10

encapsulation dot1q 10

ip add 192.168.10.1 255.255.255.0

VLAN 20

int fa0/0.20

encapsulation dot1q 20

ip add 192.168.20.1 255.255.255.0

VLAN 30

int fa0/0.30

encapsulation dot1q 30

ip add 192.168.30.1 255.255.255.0

Screenshot_7

Oke selanjutnya kita tes ping ke gateway tiap vlan, antar pc yang berbeda vlan, dan server dhcp nya. oke di coba yuk

1. Ping Gateway VLAN 20

Screenshot_8

Screenshot_9

2. Ping Gateway VLAN 30

Screenshot_10

Screenshot_11

3. Ping PC 0 ke PC 3

Screenshot_12

4. Ping PC 3 ke PC 0

Screenshot_13

5. Ping ke Server DHCP

Screenshot_19

Yap selesai huhu..

Kesimpulan

jadi router on stick ini merupakan metode yang digunakan untuk menghubungkan antar vlan secara sederhana, router disini merupakan device yang paling penting karena berisikan ip gateway dari setiap switch yang saling terhubung satu sama lain dengan mode trunk, jadi karna pentingnya router ini, jika terjadinya error di router atau router sedang down maka device yang lain pun akan ikut bermasalah.

Terima Kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s