Konfigurasi HTTPS di Windows 2008 dengan Client Windows 7

Screenshot_34

A: Cuy punya DNS gak ?

B: Wih punya dong ?

A: Pastinya punya Web Server dong. nah mau gak webnya lebih aman dengan fitur secure?

B: Wih wih mau gimana caranya bre?

A: Begininih caranya… disimak yah tutornya hehe

TopologiKonsep Dasar

HTTPS adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server dan klien. Biasanya HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll

Protokol ini menggunakan port 443 untuk komunikasi. Website yang sudah menggunakan protokol ini GMail.com, dan juga situs-situs lain seperti PayPal, Amazon, dll.

Tujuan

Pembaca dapat membuat web server berbasis https

Pembaca dapat mengkonfigurasi file iistart untuk tampilan web

Pembaca dapat membuat sertifikat untuk https

Pembaca dapat mengakses web https di server maupun klien

Konfigurasi 

Pertama kita masuk ke menu server manager pada windows server 2008, kemudian pilih

add roles 

Screenshot_1

setelah itu centang bagian web server (IIS) lalu pilih next

Screenshot_2

Yap pada pengenalan tentang apa itu Web Server IIS langsung aja klik next, kalo misalkan males baca atau apalah wkwk

Screenshot_3

nah pada menu roles service kita klik Add Required Features,

Screenshot_4

kalo udah kita centang nih tentang pengaturan IIS 6 nya seperti di gambar di bawah ini, lalu next

Screenshot_5

yap, kalo udah di next, pasti kita masuk ke menu confirmation yang isinya apa aja sih yang dibutuhin pada web server kita, langsung aja klik install oke untuk install features yang kita butuhin

Screenshot_6

yap tunggu penginstallannya, kalo udah pasti kita masuk ke menu result atau hasil, yang berisikan hasil installan yang sukses di install oleh kita, kalo udah di close aja

Screenshot_7

setelah itu kita masuk ke

Administrative Tools > DNS

Screenshot_8

kalo udah, klik kanan pada domain kita dan pilih > new host,

Screenshot_9

isi nama nya host baru nya denga www dan isikan IP Address dengan IP Address servernya

Screenshot_10

kalo udah pilih add host, kalo ada bacaan succes buat host barunya pilih ok, nah selanjutnya kita masuk ke folder inetpub di bagian local disk (c:) > inetpub > wwwroot kemudian masukan gambar yang nantinya akan digunakan sebagai gambar https domain kita

Screenshot_12

kemudian buka file iistartnya dengan notepad, kemudian edit judul httpsnya dan gambarnya seperti di bawah ini

judul

Screenshot_13

gambar

Screenshot_14

oke selanjutnya kita tes apakah gambar defaulnya sudah terganti dengan yang sudah ubah tadi.. dengan cara klik 2 kali pada file iistartnya

Screenshot_15

hmmm ganti banner udah, ganti gambar udah selanjutnya kita atur dulu deh web server kita biar bisa pake https, caranya gimana? yuk disimak

masuk ke menu IIS Manager, lalu klik pada bagian Administrator > Administrator Home, dan pilih server sertificate, untuk membuat sertifikat untuk httpsnya dengan cara create self signed sertificate 

Menu IIS Manager

Screenshot_16

Menu Administrator Home

Screenshot_17

Create Self Signed Certificates

Screenshot_18

nah klo udah buat nama sertifikatnya misalkan blablabla, seterah usernya maunya apa

Screenshot_19

berikut hasilnya jika sertifikatnya sudah dibuat

Screenshot_20

kemudian kita klik kanan pada Sites lalu pilih add web site, dan isikan seperti gambar di bawah ini jangan lupa tipe web sitenya adalah HTTPS dan masukan sertifikatnya

Screenshot_21

Kemudian edit Site Bindingnya dengan type HTTPS dan Masukan Sertifikatnya

Screenshot_23

yap merupakan tampilan output dari hasil konfigurasi add website dan edit binding

Screenshot_24

hetttss kita tes domain kita dulu dengan cara ping nama domain kita kalo reply berarti sukses

Screenshot_30

oke selanjutnya kita tes dengan browser  dengan mengetikan https://namadomainkita

Screenshot_26

nah jika gambar seperti diatas, solusinya adalah pilih tambah pengecualian dan isi dengan sertifikat yang sudah kita buat tadi seperti berikut

Screenshot_29

jika sudah pilih Konfirmasi Pengecualian Keamanan, maka hasilnya adalahhh jengjett

Screenshot_27

Disisi Client

masukan IP Address sesuai range ip yang disediakan domain kita dengan default gatewaynya ip server

Screenshot_31

jika sudah kita dipastikan akan terhubung ke server network domain kita seperti berikut

Screenshot_32

kalo sudah kita cek pada browser kita, dengan mengetikan https://namadomainkita, jika masalahnya sama seperti di server kita gunakan cara sama dengan di server dengan mengunduh sertifikatnya seperti berikut

Screenshot_34

Screenshot_35

Screenshot_36

yap selesai deh

Kesimpulan

HTTPS adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server dan klien. Biasanya HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll

Protokol ini menggunakan port 443 untuk komunikasi. Website yang sudah menggunakan protokol ini GMail.com, dan juga situs-situs lain seperti PayPal, Amazon, dll.

Jadi https lebih aman daripada http karena adanya sertifikat tersendiri.. terima kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s