Lab 3.7 Ether Channel (PAgP)

Topologi

topologi

Tabel IP Addressing

TABEL IP ADDRESS

Konsep Dasar

PAgP adalah  Protocol proprietary Cisco, digunakan untuk membuat EtherChannel otomatis. Ketika PAgP di set, PAgP packet akan dikirim ke media dan mendeteksi konfigurasi dikedua belah pihak (typically switch) dan memastikan bahwa kedua belah pihak port bisa (Port FastEthernet atau yg lain) compatible untuk di jadikan EtherChannel jika dibutuhkan. PAgP packet dikirim tiap 30 detik “for ensuring consistency”.

Konfigurasi

PAgP Mode ( Port Aggregation Protocol )

topologi

Oke dalam mode PaGP ini, kita akan menggunakan SW-0 dan SW-1 sebagai tempat konfigurasinya, dalam mode PAgP ini, terdapat mode juga di dalamnya, yaitu mode Desirable dan Auto, kedua mode tersebut kita akan buktikan keduanya, langsung aja kita masuk ke konfugurasinya yuk…

– Mode Desirable to Desirable –

lakukan mode ini di Sw-1 dan Sw-2, dan aktifkan kedua mode desirable nya.

#Switch1

Screenshot_1

#Switch2

Screenshot_2

Verifikasi hasilnya dengan melihat apakah di kedua switch tersebut memakai mode desirable untuk interface yang di konfigurasinya. Gunakan perintah sebagai berikut.

Screenshot_3

Screenshot_4

Terlihat di kedua switch modenya adalah Desirable, untuk membuktikan bahwa mode desirable dengan desirable itu cocok atau tidaknya, kita lakukan ping dari Server DHCP ke PC-0

#Ping Server DHCP > PC-0

Screenshot_5

oke kita dapat menyimpulkan bahwa mode desirable dengan desirable ini ternyata cocok atau sejalan, jadi kita catat mode desirable dengan desirable itu cocok !

Mode Desirable to Auto –

Konfigurasi

Untuk mode Desirable to Auto, kita hanya cukup mengubah mode pada Switch 1 saja, kita gantikan dengan menggunakan mode Auto, hapus sebelumnya mode desirablenya dengan konfigurasi sebagai berikut.

Screenshot_1

Kemudian tambahkan mode Auto pada Switch 1 dengan menggunakan perintah sebagai berikut, dan pastikan setelah di ubah modenya terdapat verifikasi status interfacenya up.

Screenshot_2

Cek verifikasi hasil pengubahan modenya dengan perintah ” show etherchannel port-channel ” pada Switch 1 dan pastikan modenya adalah Auto atau Automatic seperti berikut.

Screenshot_3

Dan yang terakhir lakukan ping, untuk melihat apakah mode Desirable dan Auto itu cocok atau tidak.

Screenshot_5

oke setelah di ping, hasilnya masih sama dengan desirable to desirable, jadi mode desirable dan auto ini ternyata cocok!

– Automatic to Automatic –

Konfigurasi

Untuk konfigurasi mode Automatic to Automatic, karna sebelumnya di Switch 1 sudah diganti dengan mode Automatic, sekarang giliran Switch 0 nya deh yang diubah menjadi mode Automatic, dengan menghapus konfigurasi mode Desirable sebelumnya.

Screenshot_1

Kemudian tambahkan mode Autonya pada Switch 0, dan kemudian cek verifikasinya bahwa Switch 0 sudah berganti dengan mode Auto.

Screenshot_2

Cek verifikasi hasil pengubahan modenya, dan pastikan modenya berganti menjadi Auto.

Screenshot_3

Kemudian kita lakukan ping untuk membuktikan apakah mode Auto to Auto itu cocok atau tidaknya, dan dengan melakukan ping kita dapat menyimpulkannya.

Screenshot_4

Ternyata mode Auto to Auto itu tidak cocok, dan kita pun akhirnya dapat menyimpulkan.

Sekian postingan saya mengenai mode PAgP di Ether Channel, semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Dalam mode PAgP terdapat dua mode yaitu, Desirable dan Auto, untuk Desirable to Desirable dikatakan cocok , Desirable to Auto pun dikatakan cocok, dan Auto to Auto dikatakan tidak cocok, dan adapun maksud dari mode PAgP adalah digunakan untuk membuat EtherChannel otomatis. Ketika PAgP di set, PAgP packet akan dikirim ke media dan mendeteksi konfigurasi dikedua belah pihak (typically switch) dan memastikan bahwa kedua belah pihak port (media…bisa FastEthernet atau yg lain) compatible untuk di jadikan EtherChannel jika dibutuhkan. PAgP packet dikirim tiap 30 detik “for ensuring consistency” , jadi mode PAgP sangat membutuhkan terjadinya negosiasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s