Lab 3.7 Ether Channel ( LACP )

Topologi

topologi

Tabel IP Addressing

TABEL IP ADDRESS 2

Konsep Dasar

Dalam IEEE spesifikasi Link Aggregation Control Protocol (LACP) menyediakan metode untuk mengontrol bundling beberapa port fisik bersama untuk membentuk saluran logis. LACP memungkinkan perangkat jaringan untuk menegosiasikan bundling otomatis link dengan mengirimkan paket LACP ke peer (perangkat yang terhubung langsung yang juga menerapkan LACP).

Konfigurasi

Dalam mode LACP ini terdapat dua mode yaitu mode Active dan Passive, dan kita akan menkonfigurasikannya di Switch 1 dan 2 seperti berikut.

topologi

kita langsung saja masuk ke konfigurasinya..

– Mode Active to Active –

Konfigurasi

tambahkan mode Active di Switch 1 dan 2 pada interface masing masing di kedua Switch tersebut.

#Switch1

Screenshot_1

#Switch2

Screenshot_2

Lalu kemudian lakukan verifikasi untuk membuktikan apakah kedua switch tersebut sudah masuk ke mode active dengan melakukan [ show etherchannel port-channel ] pada kedua switch tersebut, edan pastikan mode di kedua switchnya adalah active.

#Switch1

Screenshot_3

#Switch2

Screenshot_4

Lakukan verifikasi dengan melakukan ping dari PC-0 ke PC-3 dengan mode Active di kedua switchnya.

#PC0 > PC3

Screenshot_5

Terlihat diatas hasilnya adalah Reply, itu merupakan bahwa bukti antara mode Active dengan Active itu ternyata cocok atau dapat saling terhubung.

Selanjutnya kita akan masuk ke mode Active to Passive, langsung aja ke konfigurasinya yuk..

– Active to Passive –

Konfigurasi

Pertama kita hapus terlebih dahulu mode Active pada switch 2 nya dan menggantikannya dengan mode Passive. Lakukan konfigurasinya sebagai berikut.

#Switch2

[ Proses penghapusan mode Active pada switch 2 ]

Screenshot_1

Kemudian kita akan menggantikannya dengan menamabahkan mode Passive pada Switch2 dan cek mode etherchannel passivenya pada Switch2.

#Switch2

[ Proses penambahan mode passive pada Switch2 ]

Screenshot_2

Selanjutnya cek verifikasi mode passivenya dengan melakukan show etherchannel port-channel pada Switch2 dan pastikan modenya adalah passive seperti yang di konfigurasikan.

Screenshot_3

Untuk verifikasi terakhirnya, seperti biasa kita lakukan test ping dari PC-0 ke PC-3 untuk membuktikan bahwa mode ini, saling sinkron atau tidaknya.

Screenshot_4

Terlihat dari hasil outputnya bahwa mode Active to Passive itu ternyata sinkron atau saling terhubung. Dan kita pun bisa mengambil kesimpulannya.

– Passive to Passive –

Untuk mode Passive to Passive kita hanya akan mengubah mode pada Switch1 nya, ubah dari mode Active menjadi Passive, sebelumnya hapus terlebih dahulu mode Active pada Switch 1 nya.

Hapus mode Active dari Switch 1

#Switch1

Screenshot_1

Kemudian tambahkan mode Passive pada Switch1 dengan konfigurasi sebagai berikut, kemudian lakukan verifikasi modenya dan pastikan modenya terganti menjadi mode passive.

#Penambahan mode Passive pada Switch 1

Screenshot_2

Cek verifikasi modenya dan pastikan modenya terganti menjadi passive seperti dibawah ini.

Screenshot_3

Seperti biasa, lakukan ping dari PC-0 ke PC-3 untuk melakukan verifikasi mode Passive to Passive apakah sinkron atau tidaknya.

#Ping PC0 > PC3

Screenshot_4

Terlihat dari hasil outputnya jika mode passive to passive ternyata hasilnya adalah RTO, maka dapat disimpulkan mode ini tidak bisa saling sinkronisasi.

Kesimpulan

Dari hasil lonfigurasi diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mode-mode yang ada di bawah mode EtherChannel LACP itu memiliki sinkronisasi pada setiap modenya, dan kita bisa ambil kesimpulan dari hasilnya yaitu.

Screenshot_5

Terima Kasih

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s