Bahagia dengan Membahagiakan Orang Lain

nasehat-islami-bahagia-dengan-membahagiakan-orang-lain-ustadz-firanda-andirja-ma1

Assalamu’alaikum WR WB

Pada pagi kali ini izinkan saya share sebuah kajian yang akan membahas mengenai ” bagaimanakah cara membahagiakan hati kita ini , dengan semua harta berlimpah yang kita miliki ? ” berikut ulasannya….

Sebagian orang telah memiliki harta yang banyak dan juga telah diberikan kemewahan oleh Allah SWT serta diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam segi hartanya. Namun mereka tidak merasakan kebahagiaan, mengapa ?. Sebenarnya Allah SWT telah menunjukan kiat – kiat untuk mendapat kebahagian, dan terbukti kebahagiaan tidak diukur dengan harta dan tidak di ukur dengan kemewahan dan bukan pula dengan ketenaran.

Akan tetapi ada perkara lain yang bisa membuat orang lain bahagia,Rasulullah menjelaskannya pada suatu hadist ” amal yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah rasa senang yang kau masuki kepada hati seorang muslim atau kau hilangkan rasa laparnya, atau kau lunasi hutangnya dan memenuhi kebutuhannya “ bahkan Rasul lebih senang menemani saudaranya yang kekurangan di bandingkan i’tikaf di Masjid Nabawi selama sebulan penuh. Karena sesungguhnya dengan menolong orang lain, membantu mengatasi rasa laparnya, itu adalah amalan yang dicintai oleh Allah SWT, dan amalan itulah yang akan masuk ke dalam hati si pelakunya.

Ada seorang sahabat yang datang kepada Rasulullah SAW, dia mengeluh karena kerasnya hatinya, dan dia tidak merasakan kebahagiaan hanya ada kekerasan dalam hatinya, maka Rasul pun menjawab ” jika ingin hatimu lembut dan tenang, maka berikanlah bantuan kepada fakir miskin dan usaplah tanganmu di kepala anak yatim “ , kaidah antara melembutkan hati dengan mengusap kepala anak yatim dan membantunya, sudah dijelaskan oleh para ulama yaitu ” bahwasannya balasan tergantung dari amalan hambanya “ jika seorang hamba memikirkan bagaimana caranya membantu orang lain, memikirkan masalah yang dihadapi oleh orang lain, berusaha untuk menyenangi hatinya, maka Allah akan masukan pula kesenangan hati kepada nya.

Bahkan ada orang yang rela pergi ke negeri yang jauh hanya untuk membantu saudaranya yang sedang kesusahan, tanpa harus memikirkan letihnya dan uang sepeserpun yang di dapatnya, tapi mereka tidak merasakan itu semua, mengapa ? karena sesungguhnaya Allah sudah tanamkan kebahagiaan pada hatinya.

Berbicara tentang orang yang paling berbahagia, adalah Rasulullah SAW, karena beliaulah orang yang selalu mebuat orang bahagia, dengan berbagai cara yang ia lakukan demi membuat hati orang lain yang sedang kesusahan menjadi senang kembali dan gembiara kembali, jika kita diberikan hartayang lebih oleh Allah SWT maka hendaknya kita menyumbangkan sedikit harta kita kepada orang yang membutuhkan, masukan kebahagiaan dalam dirinya, maka niscaya Allah akan masukan kebahagiaan pada dirimu.

Sekian kajian pada pagi hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum WR WB.

Sumber

Yufid.tv

Penceramah : Ustadz Firanda Andirja, MA.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s